Rabu, 24 Agustus 2016

Sejarah Agama Bali.


1. Pendahuluan 
Agama dalam konteks ini dipahami sebagai sistem religi  yang sudah ada jauh  mendahului Agama Hindu ke Bali. Setelah Agama Hindu datang ke Bali, agama asli ini disebut adat. 
Pemahaman Agama hindu dan agama asli Bali dewasa ini akan lebih mudah untuk mengetahui mana agama dan mana adat di Bali.Pertanyaannya bagaimana membedakan adat dan agama Hindu di Bali?

Mmasalah ini menjadi masalah sangat penting dalam pembinaan adat di Bali. Adat/ tradisi asli Bali dewasa ini sulit dibedakan karena sudah membaur dengan agama yang datang belakangan sebagai impor dari berbagai negara. 

2.  Agama Asli menjadi Adat era Agama-agama besar ke Bali.
Agama asli Bali adalah sistem religi yang telah menjadi tradisi  turun-temurun di Bali, yaitu kelanjutan dari zaman Batu Besar (Megalithicum), yaitu adanya pembuatan bangunan-bangunan besar untuk pemuliaan leluhur  atau kepala suku. Sejak zaman ini sudah ada kesadaran terhadap pemujaan ibu dan bapak, diwujudkan dengan pepbuatan Lingga-Yoni, tradisi ini diikuti oleh pembuatan bangunan-bangunan besar dengan batu, seperti funden berundak, menhir, fondusha, sarkopagus, tahta batu, pematungan den sebagainya.
Semua tradisi ini, termasuk kepercayaan akan pohon besar bertuah dilanjutkan hingga kini. Banyaknya pohon beringin mendapatkan status tenget sehingga mesaput poleng , sesungguhnya adalah kepercayaan terhadap pohon besar sebagai istana kekuatan gaib yang tidak dapat dijelaskan zaman megalithicum. Semua terkait dengan tradisi batu besar itu,kini disebut animisme dan dinamisme, yang di Bali disebut Adat/tradisi, ada beberapa adat yang dikoptasi oleh agama-agama besar sehingga sepertinya agama hindu tetapi sesungguhnya keberlanjutan dari zaman megalithikum, yang hidup sampai era globalisasi. 

3. Simpulan 
Adat di Bali sesungguhnya tradisi megalithik itu yang banyak mewarnainya, walaupun tidak semuanya, karena sejarah selanjutnya adalah melanjutkan (kontinuitas/transformasi dari zaman sebelumnya. 

Dengan demikian, banyak tradisi megalithik berlanjut dan menjadi bagian Agama Hindu  di Bali. Agama Hindu pertama ke Bali sepertinya berasal dari Gunung Rung pada abad ke-8. abad ke-11 menjadi trimurti, dan bad ke-16 menjadi dominasi sekta ciwa sidantha di Bali. 

Bagaimana dengan desa Bali Aga yang merupakan tradisi jawa  yang dijadikan miliknya, padahal "nyatur itu, merupakan inti dari kebalian itu. 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda