Jumat, 11 September 2015

Sampah dan Nilai Kehidupannya

Sampah dan limbah jika kreatif dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan manusia. Sampah dapur misalnya dapat dipisahkan antara organik dengan unorganik, organik dapat menghasilkan pupuk dan menyuburkan apotik hidup sekitar rumah dan kebun halaman, serta tanaman hias lainnya. Jika diolah menggunakan pengolahan sederhana akan dapat menghasilkan pupuk cair yang sangat efektif dalam mensejahtrakan dan menyehatkan msyarakat. Pupuk organik dapat digantikan dengan pupuk unorganik, akibatnya tanaman memiliki daya subur panjang, tidak terkontaminasi oleh kimia bahan pupuk. TPA tidak sesak dan memunculkan pencemaran lingkungan, jika mulai dari kelyarga, maka tetangga, masyarakat, dan negara akan terbantu secara tidak sadar. Karena dari keluarga membangun lingkungan yang sehat, maka secara otomatis alam terselamatkan. 

Pemulung mencari limbah unorganik dapat dengan mudah membawanya ke pusat pengolahan limbah yang dapat membahayakan lingkungan, mengotori lingkungan, dan menyebarkan logam berat di sunagi sungau dan tanaman yang menggunakan air sungai itu. Jika dalam sebuah banjar di Bali kena penyakit "ginjal, jantung, hati, empedu, tensi, dan stroke misalnya, maka dalam waktu dua atau tiga tahun akan mengantarkan keluarga itu ke ambang kemiskinan dalam melawan penyakit yang sangat sulit diobati. Itu berarti sakitnya seorang anggota keluarga akan dapat memiskinkan anggota keluarga itu dalam mengobati anggota keluarganya. Jika JKBM, dan asuransi lainnya yang membaayai bukan berarti dak berdampak pada masyarakat luas, karena dana masyarakat, pemerintah, dan keluarga habis untuk kemanusiaan itu. 

Dalam perspektif ekonomi limbah palstik, kertas, dan lainnya yang berbahaya terhadap lingkungan dapat diolah menjadi bernilai ekonomis sangat tinggi, jika dihitung nilai tambah dan out come yang muncul di masa depan bangi bangsa dan negara. semoga kesdaran lingkungan dapat terbangun dari keluarga. 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda