Kamis, 19 Januari 2023

Ucapan terimakasi

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Hadirin yang saya muliakan, sebelum mengakhiri orasi saya ingin mengucapkan terimakasih kepada     semua pihak yang telah memberikan saya peluang untuk mencapai jabatan tertinggi dalam profesi saya.

Terimakasih saya sampaikan kepada kedua orang tua saya, I Made Sarja dan Ni Ketut Asin (alm.) semoga beliau mendapat tempat yang layak sesuai darma baktinya.

Kepada semua guru saya dari SD hingga S3, saya sangat berhutang budi padanya, yang telah mengantar saya meraih jabatan akademik ini.

Kepada            dosen-dosen saya di Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Udayana di Singaraja; Semua dosen saya di     Program S2 Sastra Sejarah UGM: Prof. Dr. Bambang Purwanto; Prof. Dr. Djoko Suryo; Dr. Adaby Darban; MProf. Kuntowijoyo (Alm); Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo (ingat dengan clotehannya mana tu made bali yang gambarnya tidak kelihatan, apa itu STKIP); Machmud Efendi; Prof. Dr. Sudianto Padmo (alm. pembimbinga utama saya di S-2 UGM); Teman seangkatan Remon Mawikere, Nasution, Reiza Diana Putra; Sarkawi; Danang Respati Puguh, M.A; Mbak Wied; Mbak Murdiah; Suarto; Edy Sumarno,dll Selanjutnya saya juga mengucapkan terima kasih kepada  dosen-dosen saya di S3 Kajian Budaya Universitas Udayana terutama kepada promotor saya Bapak Prof. Dr. Anak Agung Anom Kumbara, M.A dan para kopromotor saya Bapak Prof. Dr. A.A. Bagus Wirawan, S.U dan Bapak Dr. Sukardja, M.Si.; Pak Dr. Dana; Buk Dr. Wiasti; Prof. Dharma Putra; Prof. Wedakusuma; dan teman-teman di Jurusan Sejarah Unud Tagel Edy; Prof Ardhana, Agung Mirah; Dr. Sukiada; Prof. Suwita, dll Pegawainya yang sangat kekeluargaan menfasilitasi saya dalam penyelesaian studi di S-3karena kepadanya saya sangat berhutang budi.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya saya berikan kepada Bapak Dekan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial besera jajarannya; Bapak Ketua beserta segenap Anggota Senat Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial; Bapak Rektor Universitas Pendidikan Ganesha beserta jajarannya; Bapak Ketua Senat Univeritas beserta segenap Anggota Senat Universitas Pendidikan Ganesha; dan Bapak Direktur Pascarjana atas dukungannya; juga saya  sampaikan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh staf bagian kepegawaian, atas jerih payah dan kecermatannya menangani semua berkas usul saya sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed. UPI Bandung dan Prof. Dr. Ketut Ardhana, Ph.D  sebagai reviewer usulan Guru Besar Saya, demikian juga Kerjasama lainnya selama ini. Kesemuanya ini sangat berarti untuk menjaga semangat saya dalam mengejar karir akademik yang terkadang meluntur. Kepada semua sahabat saya dosen dan pegawai di Program Studi SSP FHIS,  saya menyampaikan terima kasih pada senior Prof. Dr. I Gde Widja; Prof. Dr. Bawa Atmadja; Bapak Mujiono dan Ibu Purnomo (alm); Wayan Teken sara (alm); Jro Mangku Drs.Wayan Suyasa, M.Si;  Jro Mangku Sugiarta (alm. yang bersamaan dengan menunggu pengukuhan ini); Dr. L. Putu Sendra,M.Si; Dr. Wayan Mudana (teman seperjuangan semoga segera menyusul), Dr. Ketut Margi,M.Si;  Ketut Sedana Artha S.Pd.;M.Pd., Wayan Pardi, S.Pd; M.Pd; Wayan Putrayasa, S.Pd. M.Pd; Ibuk Desak Dra. Oka Purnawati, M.Hum; Dr. Tuty Maryati, M.Pd; Ibu Dr. Sri Antok; Putu Yana; geg  Lola, Irwan,; Pak Alif; idris, dan geg Budi; termasuk Kejur dan sekjur di Geografi Yudik beserta para dosen di jurusan geografi dan Pemetaan; Dan Dr. Dewa Mangku, M.H, LLM; Geg Dr. Rai, M.H; Prof Dr. Made Yudana, M.Pd; Drs. Arya Sunu, M.Pd; Ajik Gusti Ngurah Sudiatmaka, dn teman lain di PPKn atas kerjasama dan persahabatan kalian yang luar biasa selama ini. Khusus pada tim percepatan Guru Besar, terutama Prof. Wayan Widiana, M.Pd, Dr. Made Sugihartono, M.H; Wayan PardiWayan Pardi S.Pd M.Pd,  terimakasih saya sampaikan karena keuletannya dalam mendulang arsip-arsip yang berserakan di dunia maya. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada semua sahabat di lingkungan Universitas            Pendidikan Ganesha dan Ikatan Alumni Sejarah 88 (Gung Rawan, dkk), dan Alumni SPG 1982 (Komang Sarneli, dkk) yang telah memberikan doa terbaiknya sehingga saya bisa mencapai apa yang saya cita-citakan. Terimakasih pada sobat karip Jro Mangku Sutawan, teman-teman di SMK3 (Nyoman Swastika dan Bapak Bawa), anggota Komite SMK3 (Kadek Kariana, dkk), serta paiketan Mahasemaya Pande Bali dan Baturiti yang telah mendukung dan mendoakan sehingga karir saya dilancarkan. Demikian juga terimakasih saya sampaikan pada Pengurus PHDI Kabupaten Buleleng (kaka saya Dr. Gde Metera, dkk), pengurus PHDI Bali (Prof. Dr. Sudiana, M.Si, dkk) karena dukungannya yang memberikan semangat dan darah segar dalam pengusulan karir Guru Besar saya ini.

Saya juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada anggota keluarga saya yang telah banyak berkorban. Kepada istri saya tercinta, Ni Wayan Bagiasih, S.Pd., saya menyampaikan terima kasih yang khusus karena “walaupun cobaan menerpa di tahun 2015” saat studi S-3 saya sedang berlangsung, tetapi berkat cinta dan kasihnya sehingga saya dapat berdiri di sini untuk menyampaikan orasi ilmiah ini. Kepada putri-putri saya dr. Dessy Aryani (kandidat spesialis Bedah), dr. Iska Novi Udayani (kandidat Spesalis Mata), Pandea Trisna Pradnyani (kandidat Ahli Hukum Unud Denpasar), saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Bersama ibunya, putri-putri saya selalu memberikan dorongan untuk bisa mencapai apa yang saya cita-citakan. Terimakasih pula saya sampaikan pada anada: Agus Aan Jiwa Pramana, S.Kom; M.Kom (Dosen FTI Undiksha kandidat Doktor Unud Denpasar), dan Dr. Sugiartono, M.H beserta cucu-cucu saya yang manis dan ganteng: Kiandra, Sakira, Oming, Sakiya dan Badra yang telah menghibur memberi kekuatan saat pikiran sumuk.

Kepada Adik saya Drs. Nyoman Adnyana, Kadek Juliasih S.E, Anak-anak saya Bagus Adnyaesa (kandidat ahli Hukum), Paundra Pageh (sedang sekolah di SMA 1 Dps) terimakasih saya sampaikan atas dukungannya selama studi di S-3 dan selama pengusulan karir ini.

Tidak lupa saya ucapkan terimakasih pada mertua saya Ketut Renti dan Ketur Lirta (Alm), dan kolaborasi saya I Made Sarjana beserta Ibunda dan Dr. Wayan Jiwa (Purnabakti Kep sek SMA 1 Tabanan) beserta Ibunda yang telah banyak memberikan dukungan dan semangat selama ini. Dan teman lain yang tidak kalah pentingnya yang tidak dapat sebutkan satu persatu, terutama keluarga yang ada di baturiti tabanan, Pacung, dan payangan sebagai bagian dari trah pande yang banyak memberikan dukungan dalam mencapai prestasi pamuncak saya ini, semoga tuhan memberikan imbalan sebagaimana mestinya.  

Hadirin yang saya muliakan, atas segala bantuan, dorongan, dan kerjasama yang baik, yang telah saya terima dalam perjalanan karir dan profesi saya selama ini, sekali lagi saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus pada semua pihak. Semoga Ida Hyang Widhi Wasa membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. Kalau ada yang kurang saya mohon maaf sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih atas perhatian dan ketekunan hadirin mengikuti orasi ini. Om Shantih, Shantih, Shantih, Om

Singaraja, Januari 2023

 

 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda